Warna - Warni Dunia Mahasiswa part 2 (Masa KKN)

Haiiii, sesuai janji aku dipostingan sebelumnyaaa kali ini aku bakal share ke kalian tentang bagaimana kisahku selama masa- masa kkn,

Yupsss, kalau disini ada yang masih semester bawah dan nanya "KKN itu apa sih? dan bagaimana?" aku ngga bisa jelasin kkn secara teoritis dan ilmiah yaa. Tapi aku akan definisikan apa itu KKN menurut pengalamanku. KKN adalah masa dimana kamu menemukan bahwa teman bisa menjadi keluarga, bahwa posko bisa "senyaman" rumah, dan bahwa mengabdi ke masyarakat adalah hal yang ringan jadi stop pikirin program muluk - muluk karena kita hanya perlu peka akan apa yang dibutuhkan masyarakat. Yups itu adalah segelintir yang dapat aku definisikan dari pengalaman selama kkn...

Masih segar di ingatan kala itu Selasa, 29 Agustus 2017 adalah masa serah terima mahasiswa kkn di Kecamatan Manisrenggo, Klaten.
Wefie di Kecamatan Manisrenggo, sebelum serah terima dimulai.
FYI aja nih yaa, untuk mencapai tahap ini  tentu kita semua disertai rasa lega karena akhirnya bisa KKN juga. Kalau ada yang nanya loh kenapa kok lega?! iya soalnya waktu itu beberapa desa yang diajuin ke Bappeda di klaten ditolak karena kalau di klaten itu sistemnya Top - Down bukan Down - Top jadi yang nentuin desa mana yang bisa di "kkn-in" itu dari pihak Bappeda Klaten.
Dari 4 Desa yang diajuin yaitu Borangan, Sapen, Kepurun, dan Kebonalas yang di acc cuma Borangan aja sedangkan 3 desa lainnya diubah jadi Ngemplakseneng, Kecemen dan Tijayan. Nah aku dapet kelompok 3 yang pas diawal itu dapetnya desa Sapen, tapi akhirnya karena diubah kita diundi lagi tuh dan Jennng... Jenngggg.... Jengggg.. Kita dapet Desa Ngemplakseneng.....
Ngga tau sih ini yaaa kita udah PHP-in desa desa yang akhirnya ngga jadi di kkn-in...  Tapi ini Desa Sapen sama Ngemplakseneng tuh deket banget, sumpah deh kalo dipeta emang berbatasan hahaha. Harapan aku sih waktu itu ngga muluk-muluk, semoga tempatnya nyaman dan sesuai nama desanya yang ada kata-kata seneng nya harapannya juga nanti disana bakal seneng ngejalaninnya.
bersih -bersih Posko KKN sebelum dipakai 

Hari pertama sampai posko, kita belum bawa apa-apa... cuma bawa diri dan tenaga yang cukup buat ngebersihin posko yang beneran eh berdebu banget karena emang ini rumah deket jalan yang sering dilewatin Truk - Truk Galian C... Bisa bayangin ngga sih kalau jalan yang ngga lebar- lebar banget terus dilewatin Truk Molen dan Truk Truk lainnya yang aku gatau apa namanya hahah. Pas awal banget survey kesini, sempet kaget karena debu - debu dijalan itu halus banget dan aku pikir itu malah kayak abu vulkanik gituuu dan warnanya putihh abu-abu udah persis dehh kayak hujan abu. Jadi benda terpenting selama kkn adalah???? Ofcourse Masker.

Oh iya FYI lagi nih posko kita itu di rumah bu lurah jadi perlu disyukuri bahwa rumahnya ini gede banget dan lumayan nyaman.
Posko KKN kita di Desa Ngemplaseneng
Nahh ini rumah punya halaman yang cukup luas, setiap sore kita bagi jadwal buat menyapu halaman rumah ini. Dan bisa dibayangin ya gimana lelahnya dan betapa pegelnya tapi karena nyapunya kadang juga dibantuin Pakde Harso (Masnya Pak Lurah) jadi ngga kerasa cape sih apalagi Pakde Harso ini baik banget orangnya. Masih inget juga waktu awal dateng lansung dikasih daun pepaya buat dimasak. Tapi karena kita belum tau mau dimasak apa akhirnya kita taruh di dapur dulu, dan keterusan beberapa hari sampai kita sadar daunnya jadi layu *dasaar emang anak kkn, masak aja masih searching di gugel resepnya. Giliran dapet daun pepaya bingung mau diolah apa*

Rapat Program KKN
Yupss Yupss Yupsss ini R.A.P.A.T. P.R.O.G.R.A.M. kkn yah bukan Iklan Adem Sari apalagi syuting film Titanic. Ngga ngerti kenapa ketua KKN kita tangannya merentang gitu :D. Nah sebenernya pas rapat ini kita masih kayak meraba-raba program apa yang bakal kita lakuin disini. Tapi garis besarnya udah ada sesuai panduan, pas rapat ini kita belum dipecah jadi beberapa PJ program.


Jum'at 1 September 2017
Sholat Idul Adha bersama warga Ngemplakseneng

Ini adalah pertama kalinya aku merayakan Idul Adha jauh dari keluarga. Ya gimana ya? Asli jogja, gede di Jogja, Pas mau kuliah pun aku juga ngga kepikiran buat belajar di kota lain, karena aku pikir Jogja kan KOTA PELAJAR. Banyak orang pengen belajar disini, masa aku yang asli Jogja malah mau belajar ke tempat lain. Jadi ya begitulah alasan kenapa aku ngga pernah jauh dari keluarga :D
Idul adha disini rasanya beda,aku udah bilang sama diri aku sendiri kalau teman-teman KKN itu keluarga baru ku. Beneran, aku ngga merasa terlalu rindu rumah karena temen-temen KKN yang alhamdulillah semuanya menyenangkan.
Kegiatan saat Idul Adha 
 Abis sholat ied kita balik bentar ke posko terus lanjut bantu-bantu ngeleti (memotong daging kurban) terus yang cewek-cewek ada yang di dalem rumah warga buat bantuin masak daging untuk warga.  Aku sih cuma motong daging jadi bentuk dadu :D
Tapi yang aku heran dagingnya dimasak sama ibu-ibu itu enak loh ngga amis ngga bikin enek, sayang aja abis ganti karet behel jadi makannya harus lemah lembut masih ngilu soalnya euy. 

Kegiatan malam hari nya "Nyate"
Karena kita dapat jatah daging, jadilah kita nyate di salah satu rumah warga, namanya Bu Sri. Rumahnya ngga jauh dari posko kita, Ibunya ini baik banget deh. Kita sering juga kayaknya kesana waktu itu buat numpang masak (padahal kita bisa sebenernya masak di posko, cuma ngga tau kenapa waktu itu masak di rumah Bu Sri, sedikit lupa alasannya) atau sekedar main-main aja. Ahhh kan jadi kangen malam dimana kita karokean di rumah Bu Sri. Jadi Bu Sri ini punya anak masih remaja dan kita dipanggil sama anaknya dan temen2nya buat karokean bareng gitu. As Always, mereka ngga pernah jaim. 
Pengajian
Aku lupa ini pengajian dalam rangka apa yang jelas aku sama Naela ketawa-ketawa gara-gara ada temen kita namanya Ardi dia itu sering tidak bisa mengontrol pantatnya :D
Alhasil dia membelakangi Ibu-Ibu dengan celengan nya yang sedikit keliatan. Aduh ngga tau lagi deh ya, kalau ada KPI udah di sensor itu pasti :D 
Suka salah fokus gini ya :D :D :D

Nah dibawah ini adalah beberapa program-program kita, tapi aku disini ngga fokus bahas soal programnya. Di tulisan kali ini fokus ke pengalamannya aja.





Bocah Bocah yang suka ngapelin kita buat main UNO :D
Ini adalah bocah-bocah yang sering ngapelin kita ke posko, demi hanya main cublak-cublak suweng, UNO terus permainan dan obrolan apa aja deh.
Aku masih inget banget dulu pas siang-siang lagi leyeh-leyeh gitu sama semua temen cewek di kamar sambil kipasan pake kipas portable nya Tania (kita leyeh- leyeh karena kecapekan kayaknya). Terus dong pas lagi merasakan surga karena bisa berebah di siang hari tiba- tiba suaranya Ghea (salah satu dari bocah itu) manggil-manggil nama kita :D yah ngga jadi leyeh-leyehnya hahahah tapi ya seperti itulah kurang lebih curi2 waktu untuk santai kita. 

Dan salah satu hal yang aku seneng banget selama masa KKN kalau baju di Manisrenggo harganya murah banget deh. Jadi pernah ada satu waktu semua cewek di kelompok KKN kita itu keluar demi hanya nyari baju karena kehabisan :D dapetlah kaos kaos harga 35ribuan. Terus aku ngga ngerti kenapa beli kaosnya couple-an sama Tania :D kayaknya karena waktu itu sih desainnya yg lumayan bagus cuma itu :D
Kaos itulah yang sampe sekarang masih jadi kenang2an buat aku :D
Seperti Itu penampakan kaos 35ribu 
yang aku pakai :D (no 3 dari kiri). 

Foto diatas diambil saat outbond sama anak-anak di Ngemplakseneng
Jadwal Masak
Oh iya karena aku sudah berpikiran visioner jadi aku waktu itu juga bikin jadwal piket bersih-bersih dan jadwal masak, tentu atas persetujuan temen-temen lainnya juga yaa:D
Takutnya kalau ngga di jadwalin nanti ada yang keteteran.

Jadi cewek atau cowok semua disini kebagian masak dan bersih2. Paling kita cuma tukeran jadwal kalau pas lagi berhalangan. Oh iya kalau cewek-cewek lagi masak jatuhnya kayak orang rewang yaaa nyambi rumpitaa hahah
 Oh iya dapur di rumah ini luas banget, aku ngga tau bagaimana mendefinisikan luasnya lahan rumah ini. Dapurnya aja kalo disekatin bisa jadi 3 kamar. Kira-kira luas dapurnya 6mx8m yaa kalian bisa liat itu baru sebagian dari dapurnya yang kefoto :D

Aku bersyukur dapet posko KKN disini seriusan. Tempatnya nyaman, kalau malem ademnya ngga ketulungan sih. Cuma sayangnya karena toiletnya di luar dan deket kebon kita kalo ke toilet malem-malem harus banget temen-temenan dan nungguin hahahah :D. Oh iya dirumah posko kita ini toiletnya dibagi dua, yang buat mandi sama yang buat berak. Sama2 ada baknya sih, jadi sekali mandi bisa dipake dua orang. Alhasil sering banget ngobrol di kamar mandi cuma buat janjian lagi kalo selesai mandinya barengan :D
Ataupun curhat dikamar mandi, mantan lagi yang di curhatin? suka penting emang curhat sambil boker atau mandi :D
Untung ngga ada backsoundnya sih ya atau nada bicara yang sedikit naik gara-gara ngeden.

Banyak banget pengalaman berharga yang aku dapetin selama KKN, 40 hari sama temen-temen yang bikin aku merasa mereka lebih dari sekedar temen aja. Udah kayak adek, mas atau mbak sendiri rasayanya hahaha

Masih banyak lagi cerita, tapi karena udah setahun lalu aku juga rada lupa-lupaan dan ini adalah sebagian dari yang ku ingat dan bisa di share. 
Aku pernah tanya sama temen ku yang dari Perguruan Tinggi lain gimana pengalaman KKN dia? dia bilang membosankan dan dia merasa temen2 lainnya hanya cari enaknya aja.
 Tapi aku bersyukur, kalau temen2 satu kelompok KKN ku ini orang2nya asik semua, kocak semua, dan yang penting kita mau gotong royong bersama buat ngelarin program-program kita. Geseh sedikit tentu ada tapi tak berarti apa-apa bila dibandingkan Indahnya masa-masa KKN. Jadi aku merasa beruntung untuk mendapatkan pengalaman ini bersama orang-orang yang menyenangkan di tempat yang nyaman dan penuh canda tawa :D

Segitu aja cerita anin, kalau ada yang ngeganjel itu bukan perasaan tetapi penasaran :D

Go.... followw Instagram Anin yaaa
instagram : @aninditashavira







Komentar

Popular